Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh



Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh - Buah melon adalah buah segar yang masih tergolong dalam saudara labu, semangka, blewah. Dalam bahasa latin disebut dengan Cucurbitaceae. Buah melon mempunyai daging buahnya yang lebut kalau sudah matang dan terasa enak dan masni serta menyegarkan, karena kandungan air yang banyak dalam daging buahnya seperti buah labu. Buah melonbiasa dikonsumsi secara langsung dan dibuat jus dengan campuran susu dan madu.

Sebenarnya tidak hanya manfaat kesegaran yang didapatkan dari mengkonsumsi buah melon, tetapi juga bagus untuk berbagai masalah dan keluhan kesehatan tubuh. Berikut kami nukilkan beberapa manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh

1. Sumber vitamin C

Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah melon membuat buah melon menjadi buah penting untuk dikonsumsi. Vitamin C berperan sebagai anti oksidan dan berfungsi untuk menghalau radikal bebas dalam tubuh, selain itu fungsi vitamin C juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tubuh membutuhkan 90 mg vitamin C harian, sementara dalam secangkir melon kita bisa mendapatkan ⅓ vitamin C harian yaitu 30 mg.

2. Sumber vitamin A

Buah melon juga menyediakan banyak vitamin A yang sangat dibutuhkan tubuh. Tubuh membutuhkan vitamin A untuk berbagai perkembangan dan penjagaan kesehatan sepertii mata, gigi, kulit, tulang dan jaringan kulit. Mengkonsumsi 1 buah melon bisa memenuhi 25% kebutuhan tubuh terhadap vitamin A. Jadi jangan sia-siakan manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh.

3. Mengandung kalium

Kalium dan potassium adalah mineral lain yang sangat dibutuhkan tubuh. Manfaat kalium dalam tubuh adalah menjaga darah agar tetap stabil dan menjaga kesehatan jantung. Tubuh menusia dalam sehari membutuhkan 4700 mg kalium. Sementara dalam satu cangkir buah melon mengandung 43 mg kalium untuk kebutuhan tubuh.

4. Menyehatkan mata

Manfaat buah melon bagi kesehatan mata. Melon mengandung banyak beta karoten dan ini bagus untuk mata dan meningkatkan ketajaman pengllihatan. Beta karoten dalam tubuh akan di ubah menmjadi vitamin yang bermanfaat untuk mata. Tidak hanya meningkatkan ketajaman mata tetapi juga menyegarkan mata.

5. Mencegah kanker

Manfaat buah melon untuk kanker. Buah melon disamping bagus untuk mata juga sangat bagus bagi kesehatan dalam mencegah datang kanker. Karatenoid adalah zat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh ini. Ini adalah zat pewarna yang memberikan warna pada buah-buahan, zat karatenoid ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya sel kanker dalam tubuh atau mencegah tumbuhnya sel tidak normal dalam tubuh.

6. Mencegah stroke dan diabetes

Manfaat buah melon untuk stroke dan diabetes. Buah bulat seperti labu tanah ini adalah jenis buah rendah kalori dan rendah lemak, sehingga mengkonsumsinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi serius buah melon bisa mengurangi resiko terhadap serangan penyakit parah seperti stroke dan siabetes. Ganti pola makan anda dengan pola makan sehat dengan memulai mengkonsumsi buah-buahan sehat.

7. Mengandung likopen

Berdasarkan peneltian ikopen mampu menurunkan risiko serangan kanker dan juga mencegah terjadinya serangan jantung. Dalam satu cangkir melon bisa mengandung 9 mg sampai 13 mg likopen.

Demikianlah manfaat buah melon bagi kesehatan yang luasr biasa. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan seperti yang disebutkan diatas, kita harus mengkonsumsi buah melon secara rutin dan teratur dalam diet harian kita. Semoga artikel singkat ini bisa menggugah semangat kita untuk membiasakan pola makan sehat demi kesehatan tubuh yang lebih baik.
Copyright © Semua Tentang Buah. All rights reserved. Template by Amanbet