Khasiat dan Manfaat Buah Cermai

Khasiat dan Manfaat Buah Cermai


Khasiat dan Manfaat Buah Cermai - Otaheite gooseberry atau biasa kita kenal sebagai cermai, mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Cermai juga diketahui menyimpan banyak mineral seperti besi, seng dan vitamin seperti Karotenoid dan Vitamin B kompleks, yang tentunya bisa mencegah berbagai penyakit. Berikut adalah hasil rangkuman merdeka.com dari thehealthsite.com tentang khasiat cermai untuk tubuh.

1. Antioksidan


Antioksidan dapat melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh yang sehat. Cermai mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, polifenol dan tanin.

2. Menjaga kadar kolesterol darah


Cermai mempertahankan kadar kolesterol darah dengan menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Cermai juga mencegah aterosklerosis (penumpukan plak di arteri) karena memiliki antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi Anda dari penyakit jantung.

3. Diabetes


Cermai mengandung tingkat polifenol yang tinggi yang dapat melindungi tubuh dari sifat oksidatif gula darah yang tinggi dan mencegah resistensi urine. Selain itu, buah ini juga dapat membantu dalam penyerapan insulin yang bisa memicu penurunan gula darah pada penderita diabetes.

4. Vitamin A


Cermai juga dikemas dengan vitamin A yang penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan kulit untuk tetap muda dan elastis. Bila dikonsumsi saat perut kosong, kandungan nutrisi dalam cermai dapat memperlambat degradasi kolagen, yang nantinya dapat memperpanjang proses penuaan.


5. Anti-kanker


Dikemas dengan sifat antioksidan, cermai dapat membantu tubuh melawan efek berbahaya dari bahan kimia yang bersifat karsinogenik. Buah ini juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi efek berbahaya dari radiasi dan kemoterapi tanpa mengurangi efeknya dalam pengobatan anti-kanker.


6. Kesehatan seksual


Minum jus cermai sekali sehari dapat membantu meningkatkan kesehatan seksual pria. Buah ini juga dapat meningkatkan motilitas (kemampuan sperma untuk berenang), kualitas dan produksi sperma pada pria yang menderita Oligospermia (suatu kondisi di mana seorang pria memiliki jumlah sperma yang rendah).


7. Serat


Cermai kaya serat, polifenol dan air. Hal itu membuat cermai memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya sebagai penawar dari sakit perut. Mengonsumsi satu sendok teh jus cermai pada waktu perut kosong, dapat mengobati tingkat keasaman dalam lambung.

8. Melindungi hati


Cermai dapat digunakan untuk melindungi hati dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh bahan kimia atau alkohol.

Inilah delapan khasiat mengejutkan dari cermai bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!
Copyright © Semua Tentang Buah. All rights reserved. Template by Amanbet