Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh



Manfaat Belimbing Wuluh bagi Kesehatan Tubuh - Belimbing wulu adalah buah-buahan dapur yang sering dimanfaatkan untuk bahan masakan kuah gulai. Belimbing juga bisa bermanfaat untuk pelengkap dari sambal udang yang rasanya enak tenan. Belimbing wulu mempunyai pohon yang berotot-otot tidak lurus dan licin, tinggi pohon mencapai 8 meter. Daunnya yang kecil berhadapan dengan daun yang lain dalam satu tangkai daun seperti daun katuk. Buahnya berwarna hijau dan berukuran 4-6 cm. 

Buahnya terasa asam, sehingga bagi penderita maag atau lambung dilarang untuk mengkonsumsinya. Namun, bagi yang tidak mengalami masalah ini, ada beberapa manfaat dan khasiat dari buah belimbing wuluh yang tidak bisa di anggap sepele dan sebelah mata. Apa saja manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan, berikut ulasannya

1. Mengobati penyakit gondok

Gondok adalah penyakit yang umum diderita karena kekurangan yodium dalam tubuh. Bagi penderita penyakit ini bisa di coba oabtnya dari belibming wuluh. Caranya yaitu dengan menumbuk setengah genggam daun belimbing dengan 3 siung bawang putih. Kemudian kompreskan hasilnya pada yang gondokan.

2. Mengobati Batuk

Batuk adalah penyakit ringan yang terkadang juga sangat menyusahkan dan menggelisahkan, banyak aktivitas yang tidak nyaman dilakukan kalau batuk melanda. Mengobati batuk bisa dengan bermacam obat generik dan obat kimiawi, namun bagi yang suka yang alami, anda bisa menggunakan bahan alami dari belimbing wuluh untuk mengobati penyakit batuk.

Caranya yaitu dengan mengambil segenggam daun belimbing, bunga belimbing, buah belimbing, kira2 jumlahnya sama. Kemudian rebus dalam air mendidih selama 30 menit, dan dinginkan, minum airnya

3. Mengobati diabetes

Penyakit diabetes atau gula darah juga bisa diobati dengan buah belimbing wuluh. Caranya yaitu dengan menghancurkan 6 buah belimbing, kemudian direbus dalam 1 gelas air, rebus hingga tersisa ½ gelas air. 


4. Mengobati reumatik

Reumatik adalah sekelompok penyakit yang menyerang berbagai organ dan jaringan tubuh seperti tulang, sendi, otot, bahkan darah atau organ tubuh lainnya. Penyakit ini disebabkan karena kegemukan, dan peradangan. Bagi penderita reumatik, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan obat tradisonal dari daun belibming wuluh. 

Caranya yaitu dengan menumbuh satu genggam daun belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan sedikit kapur sirih dan gosokkan pada tempat yang sakit, atau oleskan.


5. Mengobati sakit gigi

Untuk mengatasi penyakit gigi anda bisa mengambil 4 buah belimbing wuluh. Kunyah dengan garam dan ulangi beberapa kali. Penyakit gigi atau gusi bengkah anda akan cepat sembuh karena bakteri pembusukan dalam gigi akan mati dan menghilang.

Demikianlah 5 manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan yang jrang diketahui. Belimbing tidak hanya sebagai pelengkap masakan didapaur, tetapi juga sebagai bahan ramuan obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan tubuh.
Copyright © Semua Tentang Buah. All rights reserved. Template by Amanbet